Yang Anda Miliki Hanyalah Hari ini - :: Abang Groy Gitcu Loch ::
Headlines News :
Home » , » Yang Anda Miliki Hanyalah Hari ini

Yang Anda Miliki Hanyalah Hari ini

Written By Sukron Ma'mun on Friday, July 10, 2009 | 4:14 AM

Ketika Anda bangun tidur di pagi hari, jangan berharap untuk melihat sore hari. Hiduplah seolah-olah apa yang anda miliki hanyalah hari ini. Kemarin telah berlalu dengan segala kebaikan dan keburukannya, sedangkan hari esok belum tentu tiba. Rentang kehidupan anda hanyalah satu hari, seolah-olah Anda dilahirkan di awal hari itu dan akan mati di akhir hari itu pula. Dengan bersikap seperti itu, Anda tidak akan terperangkap di antara obsesi masa lalu dengan segala deritanya, serta harapan masa depan dengan segala ketidakpastiannya.
Hiduplah untuk hari ini. Anda harus mengerjakan shalat dengan hati yang hidup, membaca dan mengkaji al-Qur'an dengan penuh pemahaman, dan berdzikir kepada Allah dengan tulus. Pada hari ini anda harus bersikap seimbang dalam segala urusan, puas dengan jatah yang anda dapatkan, serta tidak lupa memperhatikan penampilan dan kesehatan anda.

Aturlah waktu yang tersedia di hari ini, sehingga anda dapat memaksimalkan waktu semenit bagaikan setahun dan satu detik bagaikan satu bulan. Mohonlah ampunan dari Tuhan, selalu ingatlah Dia agar hati menjadi tenang, persiapkanlah upacara perpisahan dengan dunia ini dan hiduplah pada hari ini dengan bahagia dan damai. Merasa puaslah dengan makanan, istri/suami anak-anak, pekerjaan, rumah serta keadaan yang anda nikmati dalam hidup ini.

"Sebab itu berpegang tegulah kepada Allah apa yang Aku berikan kepadanya dan hendaklah kamu termasuk orang-orang yang bersyukur."

Hiduplah di hari ini dengan terbebas dari derita, gangguan, kemarahan, kecemburuan dan kedengkiuan.
Anda harus menanamkan keyakinan pada diri Anda dengan menyatakan, "Hari ini adalah hariku satu-satunya." Jika anda telah memakan nasi yang hangat dan lezat pada hari ini, maka apalah artinya nasi basi dan busuk di keesokan hari?
Jika Anda penuh percaya diri dan memiliki keyakinan yang teguh, tentu anda akan mampu menyakinkan diri dengan mengatakan, "hari ini adalah hari terakhirku dalam hidup."
Ketika anda menerima sikap ini, anda akan mendapatkan keberuntungan dari setiap momen yang ada pada hari itu; dengan cara mengembangkan kepribadian, meningkatkan potensi amal, dan mensucikan amal-amal anda. Kemudian anda akan berkata pada diri sendiri.
"hari ini aku akan memperbaiki ucapan-ucapanku, dan aku tidak akan berkata-kata kotor dan jahat. Aku juga tidak akan berkata yang menyakitkan orang lain."
"hari ini aku akan mengatur rumah dan kantorku, takkan kubiarkan keduanya dalam kondisi kacau balau, aku akan membuatnya rapi dan bersih."
"Hari ini akau akan memperhatikan kebersihan tubuhku dan penampilanku. Aku akan menjaga kerapihanku dan menyeimbangkan diri ketika berjalan, berbicara, dan berbuat."
"Hari ini aku akan berjuang untuk patuh pada Tuhanku, shalat dengan sekhusyuk mungkin., mengerjakan amal-amal kebajikan, membaca al-Qur'an dan buku-buku bermanfaat lainnya. Aku akan menanamkan kebaikan di dalam hati dan mengeluarkan akar-akar kejahatan daripadanya, seperti kesombongan, dan kecemburuan, dan kemunafikan."
"Hari ini aku akan mencoba membantu orang lain, seperti akan melayat orang sakit, memberi makan orang lapar, dan memperjuangkan orang-orang yang lemah dan tertindas. Aku juga akan menaruh hormat kepada orang-orang yang berilmu, menyayangi kaum muda, dan menghormati orang tua."
"Wahai masa depan, kamu berada di bayangan yang tiada terlihat, sehingga aku tidak akan terobsesi dengan mimpi-mimpimu. Aku tidak akan disibukkan oleh apa yang akan datang karena hari esok tidak ada dan belum lagi diciptakan."
"hari ini adalah hariku satu-satunya." Semua ini merupakan salah satu pernyataan terpenting dalam kamus kebahagiaan, bagi mereka yang ingin menjalani hidupnya dengan penuh kebahagiaan dan kecemerlangan.

Biarkan Masa Depan Datang dengan sendirinya
"telah pasti datangnya ketetapan Allah, maka janganlah kamu meminta disegerakan (datangnya)"
(An nahl 16:1)
Jangalah tergesa-gesa dan terburu-buru untuk mndapatkan apa yang akan datang. Apakah anda mengira sudah bijaksana jika memetik buah sebelum matang? Hari esok belum tentu ada, tidak ada realitasny pada hari ini, jadi mengapa anda demikian menyibukkan diri dengannya? Mengapa anda harus repot dengan malapetaka di kemudian hari? Mengapa anda tertarik memikirkannnya, padahal anda sendiri tidak tahu apakah dapat bertemu dengan hari esok atau tidak?
Hal penting yang perlu diketahui adalah bahwa hari esok berasal dari dunia yang tidak terlihat, atau seperti jembatan yang belum kita seberangi sampai ia muncul di hadapan kita. Siapa tahu, barangkali kita tidak akan pernah mencapai jembatan itu, atau mungkin jembatannya runtuh sebelum kita mencapainya, atau mungkin kita benar benar bisa mencapainya dan menyeberanginnya dengan selamat.
Bagi kita, terperangkap pada khayalan-khayalan masa depan sangatlah dicela oleh agama kita karena dapat menggiring kita untuk mencintai dunia secara berlebihan. Ketergantungan ini bagi orang-orang beriman harus dihindari.
Banyak orang di dunia ini yang sangat takut dengan kemiskinan, kelaparan, penyakit, dan malapetaka di masa depan. Pemikiran seperti itu didorong oleh bisikan setan.
"Setan menjanjikan (menakut-nakuti) kamu dengan kemiskinan dan menyuruh kamu berbuat kejahatan (kikir) sedang Allah menjanjikan untukmu ampunan daripada-Nya dan karunia-Nya."
Banyak orang yang menangis karena mereka mengira akan kelaparan besok hari atau akan sakit di bulan depan. Mereka itu sungguh dicengkeram oleh rasa takut dan cemas. Mereka juga khawatir dunia ini akan kiamat setahun lagi.
Karena anda disibukkan oleh yang anda kerjakan pada hari ini, maka tinggalkanlah hari esok. Biarkanlah ia datang dengan sendirinya, dan berhati-hatilah agar jangan menjadi orang yang terobsesi dengan sesuatu yang akan terjadi nanti di dunia ini.


Something Interested.!
Share this article :

3 comments :

  1. Makasih buat artikel'x...
    Lumayan buat pegangan hidup bro :)

    ReplyDelete
  2. kisah anissa persis seperti saya, putri tunggal saya yang belum genap 4 th meninggal 2 th yg lalu karna DBD, alhamdulliah saya tidak pernah marah kepada Allah walaupun berat sekali menjalankannya.....krn anak saya baru satu..sungguh tidak mudah melewati hari hari saat itu. namun begitu saya katakan kepada Allah saya ikhlas,seandainya saya masih tampak kurang ikhlas tolong beri petunjukMu agar saya bisa benar benar ikhlas...Alhamdullilah..tidak sampai 1 th, saya sudah diberi penggantinya...seorang anak perempuan yang cantik : Arsyameitha Wizahra. Misteri Illahi...

    ReplyDelete
  3. nice infonya sob, salam kenal dari q & jgn lupa mampir juga ya

    ReplyDelete

TV Indonesia

ch5

TV Sports

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. :: Abang Groy Gitcu Loch :: - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya